Materi Bulutangkis

Permainan Bulutangkis



Sumber: http://www.lintasberita.web.id

          Bulu tangkis termasuk olahraga permainan. Bulu tangkis adalah suatu permainan yang menggunakan sebuah raket dan shuttlecock yang dipukul melewati sebuah net. Permainan bulu tangkis dapat dilakukan indoor maupun outdoor. Permainan ini berlaku untuk putra dan putri, baik dalam bentuk tunggal, ganda, maupun ganda campuran.

Perlengkapan


Raket (Pemukul)
Raket merupakan alat pemukul yang ringan dan kuat dengan berat kurang dari 150 gram, dapat terbuat dari bahan kayu, aluminium, fiberglass, atau arang.

Bola (kok/ shuttlecock
Kok terdiri dari kepala dan bulu. Bagian kepala menggunakan gabus yang dibungkuskulit tipis dan kuat. Berat kok antara 73-85 grains (4.73-5.50 gram). Bulunya berjumlah 14-16 helai, ditancapkan ke dalam gabus yang bergaris 1-1/8 inci (25-28 mm). Ukuran bulu 64-74 mm dari ujung atas sampai ke bagian yang rata pada gabus. Diameter bagian atas kok 54-56 mm, diikat benang atau bahan lain dengan kuat.

Senar
Bahan senar dapat terbuat dari nilon, usus, atau bahan sintesis. Jenis ketebalan senar, yaitu:
1) Tipis, paling perasa dan mudah putus.
2) Tebal, tidak dapat untuk permainan halus dan sukar putus.
3) Campuran atau ketebalannya tidak tipis dan tidak tebal.

Lapangan dan net (jaring)

Sumber: http://www.badminton-information.com


Ukuran lapangan permainan ganda
  • Panjang garis samping : 13.40 m
  • Lebar garis akhir         : 6.10 m
Ukuran lapangan permainan tunggal
  • Panjang garis samping : 13.40 m
  • Lebar garis akhir         : 5.18 m

Teknik Pukulan

Sumber: https://www.union.ic.ac.uk


Servis
Servis merupakan pembuka permainan, yaitu pukulan dengan raket yang menerbangkan kok ke bidang lapangan lawan secara diagonal.

Pukulan Lob
Pukulan ini bertujuan menerbangkan kok setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan. Melakukan lob dapat dengan cara overhead lob atau underhand lob.

Pukulan Dropshot 
Pukulan Dropshot adalah pukulan tepat melampaui jaring yang dilakukan dengan cara menerbangkan kok ke daerah lawan dan menjatuhkannya sedekat mungkin dengan net.

Pukulan Smash
Pukulan Smash adalah suatu gerakan ayunan tangan dengan cepat, mendadak, menghasilkan pukulan yang keras, dan menerjunkan kok secara curam. Smash  sering menghasilkan nilai.

Pukulan Drive
Pukulan Drive  adalah pukulan dengan menerbangkan kok secara mendatar, ketinggiannya menyusur di atas net dan penerbangannya sejajar dengan lantai. Berdasarkan kegunaan dan arahnya, drive terdiri dari
1) Pukulan drive panjang, yaitu mengarahkan kok ke daerah belakang lapangan lawan.
2) Pukulan drive setengah lapangan. Pukulan ini bertujuan untuk menjatuhkan kok ke arah tengah  bagian        samping dari lapangan lawan. 
3) Pukulan drive pendek, dilakukan dengan mengarahkan supaya kok jatuh sedekat mungkin dengan net       di daerah lawan.

Permainan Netting
Permainan net merupakan pukulan paling sulit sehingga memerlukan kecermatan dan penuh perasaan dalam melakukannya. Prinsipnya, yaitu:
1) Bola harus diambil di atas atau setinggi mungkin
2) Lambungan bola harus serendah mungkin dengan net.
3) Jatuhnya bola harus serapat mungkin dengan net.
4) Bola harus diambil sewaktu masih di atas. Apabila diambil setelah bola di bawah akan memperlambat 
    tempo permainan dan dapat memberikan kesempatan lawan lebih siap untuk maju.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Mohon untuk berkomentar yang sesuai dengan artikelnya, jangan taruh live link di artikel manapun di blog ini. Harus ada sumber atau beri link dari artikel yang kamu kopas dari blog ini bila ingin kopas