Cara dan Tips Menjadi Mahasiswa Beprestasi

Sumber: www.gocollege.com

Halo dan salam kenal seluruh mahasiswa baru! Wuihh, pasti seneng banget ya menjadi mahasiswa baru? Pas pertama saya jadi mahasiswa baru juga seneng banget apalagi bisa diterima di jurusan yang diinginkan dan tidak lupa juga bisa bertemu teman-teman baru. Tidak hanya itu, saya juga bisa lebih mengekspresikan dan mengeksplorasi passion saya agar lebih terasah karena sangat banyak kompetisi-kompetisi yang menantang

Sekadar info saja kalau menjadi mahasiswa itu sangat berbeda jauh dengan siswa. Kalau siswa biasanya kan harus dituntun dan "disuapi", tapi kalau menjadi mahasiswa itu segalanya harus mandiri. Jika biasanya kalian semasa di SMA sudah dipersiapkan semua kebutuhannya untuk belajar semisal buku pelajaran, lain halnya dengan di perkuliahan, kalian harus mencari buku dan bahan referensi sendiri.

Btw, kalian maba PTN atau PTS nih? Hehe..Bukan bermaksud untuk menyindir atau merendahkan PTS (Perguruan Tinggi Swasta), tapi PTN (Perguruan Tinggi Negeri) jauh lebih kompetitif dibandingkan PTS berdasarkan apa yang saya tinjau selama ini. Ini dikarenakan untuk diterima di PTN apalagi di jurusan favorit di PTN tersebut kalian harus bersaing berebut kursi dengan mengorbankan waktu-waktu berharga kalian di SMA. Meskipun begitu, tidak sedikit juga mahasiswa dari PTS bisa berprestasi.

Di dunia perkuliahanlah kalian dapat menunjukkan siapa diri kalian sebenarnya, apakah kalian adalah orang yang "biasa saja" atau "istimewa". Bila kalian hanya ingin menjadi orang/ mahasiswa yang biasa saja ya pasti selepas kuliah selesai kalian langsung pulang dan bermain-main saja dengan gadget. Sebaliknya, bila kalian ingin menjadi mahasiswa yang istimewa dan berprestasi tidak ada salahnya bila kalian mengikuti tips berikut ini.

1. Memanajemen Waktu yang baik


Seringkali seorang maba (mahasiswa baru) kesulitan mengatur waktu untuk kuliah, hobi, pengembangan diri, dan santai-santai. Bahkan, tidak jarang mereka lebih banyak santai-santai dikarenakan sudah lelah dengan jadwal kuliah yang padat. Sekadar nasihat saja, bila kalian menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersantai-santai kalian tidak akan punya cukup waktu dengan pengembangan diri kalian. Pengembangan diri di sini maksudnya adalah pengembangan bakat-bakat terpendam kalian. Bila kalian sangat hobi bereksperimen di laboratorium seharusnya kalian bisa melanjutkan hobi kalian tersebut di perkuliahan karena alat-alat yang disediakan jauh lebih lengkap daripada di SMA.

2. Berorganisasi


Bila kalian masih berstatus maba mungkin kalian belum bisa berorganisasi tapi kalau sudah semester 2 ke atas pasti bisa. Berorganisasi adalah salah satu cara untuk menumbuhkan kerja sama tim dan mampu berperan dalam tim. Banyak orang bilang, "Belum jadi mahasiswa kalau seseorang belum bisa berorganisasi". Memang terdengar agak menghakimi, namun kenyataannya memang seperti itu di lapangan. Kalau kalian hanya kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) saja kalian tidak ada bedanya dengan siswa SMA. Di dalam organisasi kita juga bisa menambah pengalaman dan lebih mengenal kaka tingkat (senior). Nasihat lagi nih, supaya kalian bisa mencetak prestasi kalian harus mendekati dan mencuri ilmu dari kakak tingkat kalian yang sudah mempunyia pengalaman lebih dibanding kalian.

3. Mengikuti berbagai Macam Lomba


Untuk mengukur sampai sejauh mana kemampuan kalian di bidang yang kalian geluti tidak ada salahnya bila kalian mengikuti berbagai macam lomba. Tentu saja untuk menjadi mahasiswa berprestasi harus ada prestasi yang dicetak dan salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengikuti lomba-lomba.

Sampai di sini dulu ya. Oh iya, mungkin kalian tertarik dengan artikel Cari Uang Dari Internet


0 comments:

Mohon untuk berkomentar yang sesuai dengan artikelnya, jangan taruh live link di artikel manapun di blog ini. Harus ada sumber atau beri link dari artikel yang kamu kopas dari blog ini bila ingin kopas