Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memblokir Jaringan Iklan dari Adsense



Seperti yang diketahui, google adsense adalah salah satu produk Google yang sangat digemari oleh para blogger dan tidak terkecuali saya. Google adsense adalah salah satu  ad publishing network yang terbaik. Dengan google adsense kita dapat memperoleh passive income dari dunia maya. Untuk blogger yang sudah sangat mahir dalam mengoptimalkan pendapatan dengan adsense bukannya tidak mungkin bila ia dapat mendapatkan ribuan dollar dalam sebulan bahkan bisa lebih.

Tidak jarang dalam penayangan iklan dari google adsense, publisher sering mendapati jaringan iklan yang memberikan RPM sangat rendah, bahkan mendekati $ 0.00 (serem banget). Tidak sedikit publisher  yang berpikiran untuk menghapus jaringan iklan yang bekerja sama dengan jaringan iklan google untuk memblokirnya. Mereka mungkin berpendapat

"Apaan sih?!! RPM dari ***** kecil banget. Sayang lah space iklan gue kalo dapetnya cuma segitu doang. Udah gitu yang ngeklik dikit banget. Mendingan gue apus nih *****"

Akan tetapi, selaku yang memiliki produk Adsense, yaitu Google menyarankan untuk tidak memblokir jaringan iklan yang memberikan RPM yang sangat rendah tadi. Ini disebabkan dalam penayangan iklan dari Adsense, iklan akan di lelang terlebih dahulu oleh sistem. Selain itu, Google menyebutkan kalau sistemnya akan selalu menampilkan iklan-iklan dengan bayaran tertinggi.

Perhatikan RPM


Google memberikan contoh

Ad network            Impressions            RPM
X                              530000                  $ 0.25
Y                                4000                    $ 1
Z                                    5                       $ 2

Misalkan seperti itu, pasti kamu berpikiran kalau Ad network Z lebih baik dari X dan Y. Bila dipikir-pikir apakah RPM dari Ad network Z akan sama $ 2 bila impressions-nya di atas 10000? Pasti akan berubah bahkan mungkin lebih kecil dari ad network X. Selain itu, bila kamu memblokir sebuah ad network maka ad network tersebut tidak akan ada di ad auction untuk menentukan ad network mana yang akan tampil di blog/ situs kamu. Tidak tertutup kemungkinan kalau ad network dengan RPM yang lebih kecil lagi akan muncul di blog/ situs kamu. Oleh karena itu, Google menyarankan untuk tidak memblokir ad network dikarenakan RPM nya.

Semoga artikel ini bermanfaat ^_^

4 comments:

  1. trus gimana caranya mencekal adword indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emangnya kenapa mas? Menurut saya cpc dari adword indonesia lebih besar dari sebagian jaringan iklan yang lain

      Delete
  2. masi ikut ni tapi lom cicip hasil nya..

    ReplyDelete

Mohon untuk berkomentar yang sesuai dengan artikelnya, jangan taruh live link di artikel manapun di blog ini. Harus ada sumber atau beri link dari artikel yang kamu kopas dari blog ini bila ingin kopas