Tips dan Cara Menghilangkan Perilaku Negatif

Sumber: www.dreamstime.com


Sulit mendapatkan teman yang baik atau sudah lelah dengan perilaku kamu yang tidak bisa dibanggakan? Seringkali perilaku negatif dapat membuat kita jauh dari orang-orang baik. Tidak jarang juga perilaku negatif dapat membuat kita menjadi lebih buruk lagi apabila tidak segera kita tinggalkan atau hentikan. Perilaku negative yang dimaksudkan di sini, seperti berbohong, mencuri, berkata kasar atau kotor, dan lain-lain. Berikut ini sedikit tips dan cara menghilangkan perilaku negatif. 


1. Memulai Hobi Baru yang Baik


Perilaku negatif kamu sudah jadi hobi? Wah, itu sudah menjadi lebih parah lagi. Sebaiknya, kamu memulai mencari hobi baru yang baik dan tidak merugikan orang lain apalagi diri sendiri. Banyak hal positif yang bisa dijadikan hobi, seperti mendaki gunung, berenang, futsal, memancing. Selain baik, kamu juga mendapatkan teman-teman baru yang baik dan asik.

2. Dengarkan Nasihat Orang Tua


Pastinya, orang tua yang baik selalu menginginkan putra putrinya menjadi orang yang sukses. Bila kamu sulit mendengarkan nasihat orang tua mulai dari sekarang belajar jangan pernah membantah nasihat orang tua. Perilaku negative kamu sudah turunan dari orang tua? Sebenarnya, kalau kamu sudah tau dan mengerti bila yang kamu lakukan itu salah seharusnya kamu jangan pernah melakukan perilaku negative. Alangkah baiknya lagi kamu memberitahukan orang tuamu kalau perbuatan yang mereka lakukan itu salah.

3. Berkreasi dan Bekerja Keras


Tips yang satu ini mencoba untuk menjauhkan pikiran kamu dari keinginan untuk berperilaku negatif. Berkreasi adalah sesuatu yang menarik dan asik untuk dikerjakan, selain bisa menciptakan sesuatu secara tidak langsung juga menambah kepekaan kamu terhadap sesuatu. Bekerja keras adalah contoh lain yang dapat menjauhkan pikiran kamu dari berperilaku negative. Apabila perilaku negative kamu berhubungan dengan pekerjaan tersebut sebaiknya tinggalkan saja pekerjaan itu karena di luar sana masih banyak pekerjaan yang lebih baik.

4. Mencontoh Perilaku Seseorang yang Sukses


Tips ini membantu kamu untuk melepaskan perilaku negatif. Mencontoh perilaku seseorang yang sukses bukanlah suatu kejahatan melawan hukum. Sebut saja Thomas Alva Edison yang tidak pernah menyerah menemukan bola lampu meskipun dia sudah melakukan percobaan ratusan kali, bahkan dia berkata “Aku tidaklah gagal, aku hanya menemukan cara yang membuat lampu tersebut tidak menyala”. Sikap pantang menyerah inilah yang pantas untuk diteladani. Memang tidak ada seseorang yang sempurna, namun setiap orang harus berusaha meminimalkan kekurangan mereka. Jadi, tidak ada salahnya bila kamu mencontoh perilaku yang baik dari orang-orang yang kebetulan sudah lebih dulu sukses dari kamu.

0 comments:

Mohon untuk berkomentar yang sesuai dengan artikelnya, jangan taruh live link di artikel manapun di blog ini. Harus ada sumber atau beri link dari artikel yang kamu kopas dari blog ini bila ingin kopas