Tips Puasa Sehat

Tips Puasa Sehat


Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan selama 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik. Simak delapan tips sehat selama puasa.

1. Konsultasikan kesehatan Anda


Sumber: www.kangara21.bloginformasiteraktual.com

Sebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda kepada dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat meminum obat atau multivitami dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.

2. Pentingnya makan sahur


Sumber: www.mbandung.com


Meni yang dimakan bisa mempengaruhi kerja tubuh Anda selam seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum, dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam.

3. Hindari konsumsi makanan berminyak


Sumber: www.cosmopolitanfm.com


Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.

4. Makan secukupnya


Sumber: www.klikuk.com

Berbuka puasa dengan makan secukupnya. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap.

5. Konsumsi makanan manis secukupnya


Sumber: cauchymurtopo.files.wordpress.com

Mengonsumsi makanan manis dan minuman manis memang baik pada saat beruka puasa, untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Namun, harus tetap terkontrol dan mengonsumsi secukupnya.

6. Kopi dan soda


Sumber: www.beautifulkk.com

Hindari meminum kopi dan soda karena bisa buat Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.

7. Tetaplah berolahraga


Sumber: www.cyberblogsz.blogspot.com

Lakukan olahraga ringan saat malam hari. Misalnya dengan berjalan kaki selam 15 menit hingga 20 menit setelah makan malam. Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan yang dingin atau tempat teduh, Batasi pula aktivitas fisik agar Anda tidak mudah lelah.

8. Pola tidur


Sumber: www.cdn-media.viva.id

Selain memperhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Menagntuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup.

Baca juga artikel ini Cara membuat Paypal dengan mudah

Referensi vivagenerik.co.id

0 comments:

Mohon untuk berkomentar yang sesuai dengan artikelnya, jangan taruh live link di artikel manapun di blog ini. Harus ada sumber atau beri link dari artikel yang kamu kopas dari blog ini bila ingin kopas