7 Tips dan Cara Menjadi Penulis yang Baik dan Terkenal

Sumber: www.drprem.com

1. Mencari ide baru

Ide adalah suatu gagasan yang biasanya bersifat unik yang artinya pasti berbeda dari yang lain. Ide biasanya muncul dari kejadian atau pengalaman-pengalaman tertentu dan karenanya orang yang berpengalaman mempunyai ide yang banyak dan unik. Ide tidak harus kita pikirkan setiap saat karena ide bisa datang secara tiba-tiba, seperti saat kita termenung, menghadapi suatu masalah, dan sebagainya.

2. Membaca karya-karya penulis yang sudah sukses

Membaca adalah satu kegiatan menambah ilmu pengetahuan yang diambil dari buku tidak terkecuali membaca karya-karya penulis yang usdah sukses. J.K. Rowling adalah salah satu penulis yang sangat sukses dengan Harry Potter-nya sehingga novel tersebut sampai difilmkan. Raditya Dika adalah salah satu penulis lokal yang sangat unik karena keahlian menyajikannya dengan gaya masa kini sangat mudah diterima oleh anak-anak muda.

3. Harus berwawasan luas

Wawasan yang luas diperlukan karena bila menulis sesuatu tidak asal-asal saja kecuali fantasi tingkat tinggi (itu beda). Bagaimana caranya biar kita berwawasan luas? Caranya sangat mudah hanya perlu mengikuti perkembangan zaman dan membaca.

4. Selalu menghargai karya orang lain

Menghargai orang lain adalah suatu sikap yang harus diterapkan oleh penulis manapun. Kalau karyamu ingin dihargai orang lain tentunya kamu harus menghargai karya orang lain juga (ngutip dari kata orang bijak..hehehe). Caranya? Caranya mudah, seperti membeli barang yang asli dan tidak KW dan harus legal.

5. Rajin membuat suatu karya

Bila kamu ingin menjadi penulis yang terkenal kamu harus rajin membuat suatu karya dengan kata lain kamu tidak boleh berhenti mencoba. Sosok yang bisa diteladani dalam pantang menyerah adalah Thomas Alfa Edison karena dia selalu berusaha membuat bola lampu yang bisa menyala walaupun ratusan kali ia gagal namun menurutnya ia tidak pernah gagal dia hanya "menemukan cara bagaimana bola lampu itu tidak menyala". Kalau karyamu tidak hits berarti kamu menemukan cara biar karyamu tidak hits, nah yang sekarang kamu lakukan adalah menemukan cara baru agar karyamu hits.

6. Mampu menerima kritikan dari orang lain

Kritik sangat diperlukan dan jangan sampai tidak mau dikritik ya. Bila kita dikritik seseorang berarti kita seperti ditegur dan yang selanjutnya kita lakukan adalah bagaimana memahami kritikan tersebut dan membuatnya menjadi pujian dari orang yang dikritik.

7. Mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi

Rasa ingin tahu yang tinggi biasanya dimiliki oleh orang-orang yang kreatif dan suka bertanya. Adanya rasa ingin tahu berarti kita ingin mempelajari atau ingin memahami sesuatu. Semakin banyak yang kita tahu semakin banyak yang ingin kita tuangkan dalam karya kita agar menjadi mahakarya yang mendapat banyak pengakuan dari orang-orang.

0 comments:

Mohon untuk berkomentar yang sesuai dengan artikelnya, jangan taruh live link di artikel manapun di blog ini. Harus ada sumber atau beri link dari artikel yang kamu kopas dari blog ini bila ingin kopas